Taman Bendung Kamijoro Spot Instagenic di Pinggir Sungai Progo

2020-08-15Instagenic Spot Jogja

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kalibiru, sempatkanlah untuk mampir sebentar ke Taman Bendung Kamijoro. Bendungan Kamijoro tidak hanya sebagai sarana irigasi persawahan warga dan pengendali banjir, namun ia tampil cantik dengan hiasan taman dan sebuah jembatan yang melintang di atas Kali Progo. Arsitektur kolonialisme berpadu dengan gemerlap khas milenial membuat Bendungan Kamijoro menjadi idola.

Keunikan Taman Bendung Kamijoro

Taman Bendung Kamijoro dibangun pada lahan seluas 40 ribu m2, sedangkan jembatannya sendiri memiliki panjang 161 meter dengan lebar 3 meter. Dengan hiasan tali-tali baja, jembatan Bendung Kamijoro ini sekilas nampak mirip dengan jembatan Ampera yang ada di Palembang, dengan versi lebih kecil.

Instagramable Spot Taman Bendung Kamijoro

Taman yang dibangun di Bendungan Kamijoro memiliki corak yang cantik, membuat Anda ingin segera mengabadikannya sebagai latar belakang foto dan mengunggahnya ke media sosial.

Sekedar bersantai di bawah naungan dome pun juga tidak ada salahnya, sambil menikmati pemandangan sekitar Taman Bendung Kamijoro. Anak-anak Anda pun akan semakin senang bermain di playgroundnya.

Sunset Mempesona Bendung Kamijoro

Lokasi Bendungan Kamijoro yang dekat dengan muara Sungai Progo menjadikan pesona matahari terbenam menjadi salah satu momen yang tak boleh dilewatkan. Meski tak sejelas pemandangan di pantai, namun suguhan warna senjanya tak main-main. Datanglah saat musim kemarau dan ketika langit sedang cerah. Warna kuning keemasan akan menghiasi langit Taman Bendung Kamijoro.

Menikmati Sungai Progo di Atas Jembatan Bendung Kamijoro

Melintasi jembatan sepanjang 161 meter yang berada di atas Kali Progo pun rasanya seru dan mendebarkan.

Jembatan yang menghubungkan Kulon Progo dan Bantul di Taman Bendung Kamijoro ini sebenarnya merupakan jembatan kontrol, sehingga Anda akan menemukan pintu-pintu air. Dari atas jembatan ini, pemandangan yang disuguhkan sangat indah. Suara aliran air yang melewati bendungan akan menemani Anda menikmati semilir angin yang berhembus.

Sejarah Bendung Kamijoro

Berdasarkan penuturan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bendung Kamijoro sudah ada sejak tahun 1927 pada zaman penjajahan Belanda. Namun infrastuktur yang tersedia belum sekomplit sekarang.

Awal tahun 2000-an bendungan Kamijoro hanya dilengkapi pertahanan air yang terbuat dari bronjong. Air kemudian dialirkan ke areal persawahan Bantul melalui terowongan. Namun karena maraknya aktivitas pertambangan pasir di kawasan Tuksono, membuat bangunan bronjong ambrol.

Bendung Kamijoro Diresmikan Presiden Jokowi Pada Akhir Tahun 2019

Renovasi Bendung Kamijoro kemudian dikerjakan mulai tahun 2016 hingga tahun 2018 oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak. Dan baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 31 Desember 2019 lalu. Renovasi Taman Bendung Kamijoro ini memakan biaya hingga 229 miliar!

Bendung Kamijoro Berfungsi Sebagai Irigasi dan Suplai Air Baku

Fungsi utama Bendung Kamijoro adalah untuk mengairi lahan persawahan Bantul seluas 2,370 Ha dengan dengan debit 25 liter per detik. Selain itu, juga menyuplai air baku ke arah Kulon Progo, kawasan industri di Kulon Progo hingga Yogyakarta International Airport Kulon Progo (YIA) sebesar 500 liter per detik.

Info Wisata Berkunjung ke Taman Bendung Kamijoro

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Taman Bendung Kamijoro

Untuk menikmati eksotisme Sungai Progo dari Taman Bendung Kamijoro Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Sebagai gantinya, disediakan kotak dana sukarela bagi Anda yang berkunjung Taman Bendung Kamijoro.

Taman Bendung Kamijoro ini selalu terbuka sepanjang hari selama 24 jam penuh untuk Anda sambangi. Tidak ada pepohonan yang bisa menaungi Anda dari terik sinar matahari, jadi sebaiknya Anda datang pada pukul 16:00-18:30 sambil menyaksikan kilauan sunset di langit.

Lokasi Taman Bendung Kamijoro

Taman Bendung Kamijoro berada di dua sisi bantaran Kali Progo. Lokasi Taman Bendung Kamijoro terletak di Desa Tuksono, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta. Dari Malioboro, jaraknya hanya 20 km dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi selama 30 menit.

Tidak ada transportasi umum yang melewati Taman Bendung Kamijoro, jadi Anda perlu menyewa mobil dari Malioboro. Taman Bendung Kamijoro ini bisa diakses menggunakan kendaraan apapun. Silahkan cek halaman rental mobil kami jika Anda membutuhkannya.
Rental Mobil Jogja