Pantai Depok Nikmatnya Sajian Kuliner Seafood di Tepi Laut

2020-08-10Jelajah Alam

Aroma ikan yang amis tercium dari pasar pelelangan ikan di Pantai Depok. Meski begitu, tak sedikit yang datang untuk memilih ikan-ikan fresh hasil tangkapan para nelayan. Aneka hidangan seafood seperti kepiting, cumi, udang ataupun ikan cakalang yang sudah Anda pilih sendiri pun, bisa Anda cicipi langsung dari warung-warung seafood yang tersebar di Pantai Depok.

Hal Menarik Saat Berkunjung ke Pantai Depok

Pantai Depok terkenal dengan kekayaan hasil tangkapan lautnya. Anda akan menemukan kapal nelayan saling berjajar begitu memasuki area Pantai Depok. Sebagian besar warga Pantai Depok memang berprofesi sebagai nelayan.

Kuliner Seafood di Tepi Pantai Depok

Pantai Depok adalah pilihan tepat bagi Anda pecinta seafood. Terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) bernama Minabahari 45 Depok yang wajib Anda kunjungi untuk membeli aneka macam ikan laut segar. Kemudian Anda bisa membawa belanjaan Anda ke warung makan di tepi pantai dan memilih aneka olahan masakan yang diinginkan.

Bagi Anda yang kurang mahir memilih ikan-ikan segar, bisa langsung datang ke warung yang tersebar dan langsung memilih aneka menu yang sudah disediakan. Menikmati sajian kuliner seafood sambil mendengarkan deburan ombak pantai tentunya sangat mengasyikkan.

Bahayanya Ombak Tinggi Pantai Depok

Seperti pantai pesisir selatan Jawa lainnya, Pantai Depok memiliki ombak yang cukup tinggi. Palung laut di pantai pesisir selatan juga menjadi lokasi yang berbahaya sehingga Anda perlu berhati-hati saat ingin bermain air di Pantai Depok.

Pada bulan Juli 2018 lalu, pinggiran Pantai Depok diterjang oleh ombak besar yang mengakibatkan sebagian besar warung di Pantai Depok porak poranda. Kejadian ini dikarenakan adanya air pasang di Pantai Depok. Sebelum berlibur ke Pantai Depok, cek cuaca setempat dulu ya, untuk menghindari terjadinya air laut pasang.

Menyusuri Pantai Depok Dengan ATV

Pantai Depok memiliki garis pantai yang panjang, sehingga sangat melelahkan jika harus berjalan kaki menyusuri bibir pantai. Anda bisa menyewa ATV yang disediakan pengelola setempat. Cukup dengan Rp50.000 Anda bisa mengeksplore keseluruhan Pantai Depok selama 1,5 jam.

Festival Perahu Naga di Laguna Pantai Depok

Berjarak 500 meter dari Pantai Depok Anda bisa menemukan Laguna indah yang masih cukup sepi. Anda akan menjumpai beberapa orang sedang asyik memancing.

Di Laguna Pantai Depok juga digunakan sebagai tempat diselenggarakannya Festival Perahu Naga. Festival tersebut diselenggarakan untuk memeriahkan perayaan Peh Cun, sebuah tradisi masyarakat Tionghoa. Kata Peh Cun sendiri mempunyai arti ‘mendayung perahu’.

Jadi, Festival Perahu Naga adalah sebuah perlombaan mendayung perahu yang berbentuk seperti naga dengan panjang lintasannya sejauh 400 m di Laguna Pantai Depok. Selain itu, event Festival Perahu Naga juga dimeriahkan dengan parade perahu hias milik para nelayan Pantai Depok.

Festival Perahu Naga sudah diselenggarakan selama 14 kali berturut-turut, terakhir pada tahun lalu, Festival Perahu Naga 2019, diadakan pada tanggal 22-23 Juni 2019. Sedangkan untuk tahun ini, Festival Perahu Naga 2020 tidak diselenggarakan.

Event Sedekah Laut Pantai Depok

Sedekah Laut Pantai Depok merupakan sebuah tradisi yang diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 1 Suro (kalender Jawa) atau saat Tahun Baru Islam. Tradisi diadakan sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki dari Tuhan berupa melimpahnya hasil tangkapan laut para nelayan TPI Wisata Minabahari 45 Depok.

Acara dirangkai dengan kirab budaya yang menampilkan bergodo nelayan, anggota TPI, pedagang dan masyarakat Depok. Para bergodo memakai baju adat Jawa dan membawa sesajian serta beberapa gunungan yang dibuat dari buah-buahan, sayur-sayuran dan jenis hasil bumi lainnya. Mereka berjalan menuju ke Pantai Depok berangkat dari Moko Polairud Polda DIY.

Setelah tiba di halaman TPI Depok dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dilanjutkan larungan di Laut Pantai Depok. Setelah selesai acara labuhan, mereka akan membagikan nasi gurih secara gratis bagi Anda yang ikut serta dalam acara sedekah laut di Pantai Depok ini. Dan malam harinya, acara diakhiri dengan pentas seni pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Landasan Pacu Pantai Depok

Pantai Depok diresmikan sebagai Aerosport Centre Yogyakarta (pusat Wisata Olahraga Dirgantara), karena memiliki landasan pacu yang cukup luas, sekitar 12 meter. Panjang landasan pacu Depok ini membentang sejauh 800 meter, dan rencananya akan dikembangkan lagi menjadi 1.500 meter.

Selain untuk kegiatan dirgantara, landasan pacu Pantai Depok ini digunakan sebagai tempat landasan paralayang dan juga terjun payung. Event tahunan seperti Jogja Air Show pun turut diselenggarakan disini. Sayangnya Jogja Air Show 2020 yang rencananya diadakan tanggal 20-22 Maret 2020 terpaksa ditunda.

Event terakhir yang sempat diselenggarakan adalah Lanterne Festival De Paris (LF De Paris) 2019 pada 31 Agustus tahun lalu. Sebanyak 5.000 lampion diterbangkan pukul 22:30 dari landasan pacu Pantai Depok.

Info Wisata Berkunjung ke Pantai Depok

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Depok 2020

Anda bisa menikmati keindahan serta sajian kuliner Pantai Depok mulai jam 06:00 pagi hingga 17:00. Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Depok, Anda cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Lokasi Wisata Pantai Depok

Pantai Depok berada satu arah dengan Pantai Parangtritis. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi dari pusat kota Yogyakarta. Lokasi Pantai Depok terletak di Jalan Pantai Depok, Parangtritis, Kecamatan Bantul, Yogyakarta.

Bagi Anda yang ingin ke Pantai Depok dengan naik bus, Anda bisa memilih bus jurusan Jogja-Parangtritis. Namun bagi Anda yang ingin lebih leluasa menjelajahi kawasan Pantai Depok dan juga sekitarnya, Anda bisa menyewa mobil kami yang berada di pusat kota Yogyakarta. Selain Pantai Depok Anda bisa mengunjungi Pantai Parangtritis, Gumuk Pasir Parangkusumo, atau Bukit Paralayang Watugupit dengana mudah.

Silahkan cek halaman rental mobil kami disini
Rental Mobil Jogja

Anda juga bisa menghubungi kami secara langsung melalui kontak di bawah ini :

 082164691939

 @borobudurtourjogja

 @borobudurtourjogja

 @borobudurtour