Supermarket di Jogja Bagi Pendatang Baru 2020

2020-10-12Jogja Life

Hari ini 12 Oktober 2020, PHBS di Jakarta mulai diberlakukan. Namun di Jogja, akhir-akhir ini jalan penuh dengan kendaraan berplat nomor B, D, H, terutama di daerah Sleman pusatnya orang pendatang.

Nah, bagi Anda pendatang baru atau pemudik yang sementara waktu tinggal di Jogja, pasti akan memerlukan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Berikut kami informasikan supermarket besar di Jogja yang bisa jadi pilihan.

Super Indo Supermarket Dengan Cabang Terbanyak di Jogja

Pusat perbelanjaan favorit bagi Anda yang ingin berbelanja daging sapi dan ikan. Super Indo menyediakan produk yang cukup komplit, kualitas produknya juga bagus dan segar.

Best Buy di Super Indo

  • Daging Sapi Lokal
  • Ikan Segar

Anda bisa pilih macam-macam daging sapi lokal dari seluruh bagian tubuh. Daging yang disedakan juga sudah sangat bersih. Terkadang harga lebih murah daripada pasar tradisional.

Untuk daging ayam, harga lebih mahal daripada yang dijual di pasar tradisional dan kalah segar. Namun, daging ayam dada fillet dan juga dada tanpa tulang bisa Anda dapatkan di Super Indo.

Ikan-ikan yang tersedia juga banyak, namun ada yang segar sekali dan ada yang kurang segar. Anda bisa memilih ikan-ikan yang ada di display atau dari akuarium yang ada.

Bagi ibu-ibu yang di dapur tidak ingin bau amis dan kotor, Anda bisa minta ikan digoreng atau dibakar tanpa biaya tambahan. Namun untuk ikan bakar, ikan akan digoreng terlebih dahulu baru dibakar. Berbeda dengan ikan bakar ala Jimbaran Bali yang langsung dibakar.

Pelayanan bagian ikan cukup lama, jadi lebih baik Anda pesan terlebih dahulu dan bisa diambil setelah selesai berbelanja barang yang lain.

Segala macam buah-buahan dan sayuran segar serta variasi produk seperti susu dan keju juga beragam.

Untuk kebutuhan sehari-hari, seperti sabun harganya ±10% lebih mahal dibandingkan supermarket lain. Sedangkan untuk camilan dan produk-produk pabrikan lebih mahal ±15%.

Terdapat 10 outlet Super Indo yang tersebar di Jogja, jadi Anda bisa menemukannya dimana-mana. Super Indo Kaliurang, Super Indo Sultan Agung, Super Indo Seturan, Super Indo Parangtritis, Super Indo Jalan Solo, Super Indo Godean, Super Indo Perintis Kemerdekaan, Super Indo Dongkelan, Super Indo Sleman City Hall dan Super Indo Sonosewu.

Super Indo bisa Anda kunjungi mulai dari jam 10:00 hingga 21:00.

Carrefour Supermarket Serba Ada di Dalam Mall Terbesar Jogja

Seperti yang Anda ketahui, Carrefour merupakan supermarket serba ada untuk mencari aneka barang dalam 1 tempat. Di Jogja, terdapat 2 cabang Carrefour yaitu Transmart Maguwoharjo dan Carrefour Ambarrukmo Plaza.

Best Buy di Carrefour

  • Frozen Seafood
  • Alat Elektronik Brand Terkemuka

Carrefour bak surga bagi Anda yang hobi makan seafood. Aneka seafood beku tersedia paling lengkap. Bahkan Anda akan menemukan seafood langka yang tidak bisa ditemukan di supermarket lain seperti gurita, makarel fillet, shishamo, kepiting soka hingga lobster. Semua beku dan dikemas bersih, jadi Anda tinggal masak saja.

Ciri khas Carrefour adalah aneka barang yang susah didapatkan di supermarket lain bisa dengan mudah Anda temukan. Battery rechargeable seperti Eneloop pun ada.

Segala macam furniture seperti meja, kursi maupun almari, lalu alat-alat elektronik seperti TV, mesin cuci, kulkas dengan bermacam-macam brand, semua juga ada.

Tapi harga barang-barang di Carrefour tergolong lebih mahal 15% dibandingkan supermarket lain, seandainya Anda punya Kartu Bank Mega maka bisa dapat diskon.

Mirota Group Supermarket Jogja Pusatnya Produk Lokal

Mirota Group pusat perbelanjaan kebutuhan sehari-hari yang cukup lengkap. Mirota sangat terkenal diantara para anak kost yang notabene adalah mahasiswa, pelajar dan tentunya kalangan ibu-ibu.

Best Buy di Mirota Group

  • Cemilan Bermerk Lokal Jawa
  • Barang-Barang Sehari-hari
  • Alat Kosmetik

Mirota menyediakan makanan ringan bermerk lokal Jawa yang tidak terlalu terkenal, menjadikan harga barang yang tersedia jauh lebih murah. Ciri khas Mirota ini supermarket serba ada untuk kebutuhan sehari-hari.

Tapi di Mirota daging sapi tidak dijual. Daging ayam pun hanya ada bagian paha dan sudah dikemas dengan 3 isian. Buah dan sayuran hanya sekedar perlengkapan. Jadi produk fresh tidak terlalu banyak. Harga buah-buahan juga jauh lebih mahal daripada di toko buah atau pasar tradisional.

Bulan April 2020 saat awal pandemi, di Jogja gula pasir sempat hilang dari pasaran. Di Mirota tersedia namun khusus untuk member Mirota saja. Bagi pelanggan umum tidak diijinkan untuk membelinya.

Sebelum pandemi, barang-barang seperti sabun dan pasta gigi harganya masih lebih murah dibandingkan supermarket lain. Tapi hingga September 2020 ini, barang-barang tersebut jatuhnya menjadi lebih mahal.

Mirota Kampus juga menjual kue-kue produksi cabangnya, Manna Bakery. Donat, roti tawar, lapis surabaya, soes, ontbijtkoek, kue tart dan aneka kue lainnya. Rasanya nostalgia 90-an.

Memang awalnya Mirota ini adalah toko yang menjual roti dan kue tar. Seiring dengan perkembangan bisnisnya, Mirota mulai merambah bisnis keperluan masyarakat lainnya.

Mirota Group mempunyai 7 cabang yang tersebar di Yogyakarta, yakni Mirota Kampus Simanjuntak, Mirota Kampus Babarsari, Mirota Kampus Godean, Mirota Kampus Palagan, Mirota Kampus Supeno, Mirota Pasaraya Kaliurang, dan Mirota Pasaraya Gejayan. Mirota Group buka dari jam 09:00 hingga 21:00.

Lebih lengkap lagi mengenai Mirota Group, Anda bisa baca halaman berikut ini :

Gardena Department Store Supermarket di Jogja Paling Murah

Sebagai pusat perbelanjaan berkonsep modern, Gardena Store bisa jadi pilihan Anda karena Per October 2020, harga rata rata paling ekonomis dibandingkan supermarket besar lainnya. Sangat rekomended.

Best Buy di Gardena

  • Regulator Gas
  • Beras

Sembilan bahan pokok seperti beras, gula, garam, cabai, bawang putih dan bawang merah ditawarkan dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan harga pasar tradisonal. Aneka perlengkapan kebutuhan dapur seperti gas cartridge, aluminium foil pun dijual dengan harga terjangkau.

Berbagai jajanan telah berderet di sepanjang jalan di depan Gardena Department store. Anda bisa membeli martabak mini, pukis, lumpia, dan juga onde-onde. Di depan kasir supermarket pun Anda bisa bersantai sejenak di Voltage untuk menikmati es krim, popcorn atau mencicipi bakso mini yang hangat.

Begitu masuk ke Gardena store dari pintu depan, Anda akan langsung dihadapkan dengan berbagai konter kosmetik lokal dan drugstore.

Gardena store terdiri dari 4 lantai dan memiliki luas kurang lebih 6.000 m2. Pada tahun 1987 Gardena store mengalami kebakaran yang cukup besar hingga menghanguskan setiap bagian dari bangunan gedung. Hal tersebut membuat Gardena store sempat berpindah lokasi di daerah Magelang. Namun seiring perkembangan waktu, secara bertahap selama 2 tahun, Gardena store Jogja pun kembali berdiri.

Ada 2 cabang Gardena di Jogja, Gardena Department Store beralamat di Jl. Urip Sumoharjo No.40, Demangan, Gondokusuman. Dan Gardena Express di The Jayan Building lantai 2, Jl. Affandi No.4, Yogyakarta.

Selama pandemi 2020, Gardena Department Store untuk lantai 1, supermarket & lantai 2 dibuka dari jam 09:00 pagi hingga 21:00. Untuk lantai 3 buka dari jam 11:00 hingga 21:00, sedangkan lantai 4 tutup. Sementara Gejayan Express buka 10:00 hingga 20:00.

Toko Progo Supermarket Alat Rumah Tangga Paling Lengkap di Jogja

Toko Progo juga terdapat supermarket di lantai 1. Banyak sayuran segar dan buah-buahan yang disediakan, tapi tidak begitu lengkap.

Best Buy di Toko Progo

  • Berbagai macam Peralatan Masak
  • Pecah Belah
  • Alat Elektronik untuk Memasak

Toko Progo lebih terkenal sebagai toko kelontong yang menjual bermacam-macam kebutuhan rumah tangga dari plastik, pecah belah, alat dapur, dll.

Ada pula alat-alat elektronik seperti AC, mesin cuci, kipas angin, magic com, blender, oven dengan berbagai merk. Ada pula kompor gas komplit dengan pilihan selang tabung dan juga regulator. Bahkan, Anda bisa memperbaiki barang-barang elektornik Anda di Toko Progo karena tersedia jasa service.

Anda ingin mendekorasi rumah? Toko Progo pun menjual bunga-bunga artifisial yang cantik dan juga karpet rumput lengkap dengan aneka aksesoris. Anda bisa menemukannya di lantai 3.

Begitu memasuki Toko Progo, Anda akan disambut food court dengan aneka tenant makanan dan camilan. Setelah lelah berbelanja, Anda bisa menikmati sajian seperti martabak, bakso, mie ayam, tahu goreng, singkong goreng, siomay, ataupun es dawet sambil duduk-duduk santai.

Toko Progo bisa dibilang one stop shopping, Anda bisa menemukan apapun di dalam satu tempat. Terdiri dari 4 lantai dan basement untuk parkir. Kelima lantai bisa dicapai dengan menggunakan lift maupun eskalator.

Best Meat Supermarket Aneka Daging Ayam Broiler Beku

Ingin membeli daging ayam? Best Meat bisa jadi pilihan. Berbagai potongan bagian ayam mulai dari kepala hingga ceker bisa Anda temukan. Potongan-potongan daging ayam sudah dikemas dalam plastik dengan berat 500 gram dan 1 kiloan.

Best Buy di Best Meat

  • Kepala Ayam Broiler Beku
  • Ceker Ayam Broiler Beku
  • Hati Ampela Broiler Beku

Harga daging ayam di Best Meat terbilang cukup murah dibandingkan pasar tradisional. Bulan Oktober 2020 ini, kepala ayam dijual seharga Rp6.000 1 kg-nya dengan jumlah 10-14 potong tergantung besar kecilnya ayam.

Untuk ayam utuh, harga tergantung beratnya. Paling murah Rp25.500 dengan berat 700 gram. Sementara untuk berat 1 kg dijual dengan harga Rp30.500.

Selain daging potong dan daging utuh, Best Meat juga menyediakan daging fillet dan daging tanpa tulang.

Jeroan seperti hati dan ampela juga ada, dijual Rp5.000 untuk berat 1 kg. Tapi Anda masih harus membersihkan lemaknya dulu.

Best Meat juga menyediakan ayam ulu, ikan tilapia, bakso, kornet, sosis, dan nugget.

Best Meat buka mulai pukul 07:00 hingga 18:00. Tapi sebaiknya Anda datang antara pukul 09:00-11:00, biasanya supplier mengirimkan stok pada jam-jam tersebut. Kalau baru datang dari supplier, daging ayam masih tersedia fresh, tapi kalau sudah semalam di outlet jadinya beku.

Outlet-outlet pedagang ayam goreng biasanya memesan daging dalam di Best Meat. Jadi jika Anda datang jam 14:00 atas, siap-siap kehabisan deh.

Best Meat di Jogja tersebar dimana-mana, setidaknya ada 8 outlet. Best Meat Godean, Best Meat Soragan, Best Meat Monjali, Best Meat Kaliurang, Best Meat Gedong Kuning, Best Meat Umbulharjo, Best Meat Tajem dan Best Meat Minomartani.