Underpass Kentungan Jogja Pemecah Kemacetan Jalan Kaliurang dan Jalan Padjajaran

Jogja mempunyai 3 proyek Underpass, karena sejak tahun 2015 ke atas Jogja memang sudah sangat macet. Dan salah satu lokasi yang paling macet adalah di simpang empat Kentungan Jalan Kaliurang.
Setelah Underpass Kentungan Jogja dioperasikan 14 Februari 2020 lalu, suasana Jalan Kaliurang dan Jalan Padjajaran ex Ring Road Utara jauh lebih lancar. Tidak ada lagi antrian panjang mengular di perempatan Kentungan.
Underpass Kentungan Jogja Bisa Dilewati Dari Barat Maupun Timur


Jika Anda ingin mencoba melewati Underpass sepanjang 900 meter ini, Anda bisa lewat dari arah Barat maupun Timur. Dari arah Barat, Anda bisa berkendara mulai simpang empat Monjali, sedangkan dari arah Timur mulai dari simpang empat Gejayan.

Underpass Kentungan ini dibuat 4 lajur, jadi bagi Anda yang berangkat dari arah Barat maupun Timur, masih bisa mengakses Jalan Kaliurang ke Utara atau Selatan seperti biasa tanpa perlu berputar.
Bagi Anda pengendara mobil dari arah Barat (Monjali), perlu berhati-hati jika ingin menuju ke Jalan Kaliurang. Pembatas jalan terakhir yang dibuka berjarak kurang lebih 300 meter dari underpass. Jika sudah terlanjur masuk underpass, U-turn cukup jauh, hampir di perempatan Gejayan.
Anda bisa siap-siap masuk ke jalur lambat di depan SD Purwosari, jaraknya 600 meter sebelum Underpass.
Begitu pula bagi Anda yang berkendara dari arah Timur (Gejayan). Siap-siap masuk jalur lambat di depan Andalas Computer Jogja, 700 meter sebelum Underpass.

Underpass Kentungan memiliki fasilitas Emergency U-turn, tetapi tentu saja, hanya bisa digunakan untuk keperluan pihak berwenang.
Underpass Kentungan Jogja Membuat Arus Lalu Lintas Lancar

Pembangunan Underpass Kentungan dimulai sejak 14 Januari 2019 dan baru selesai 14 Februari 2020 lalu.
Kemacetan di Perempatan Kentungan pun semakin berkurang. Biasanya, di kawasan Jalan Kaliurang dari arah Utara (Kaliurang) pada jam sibuk 06:00-09:00 pagi, kendaraan bisa mengantre sepanjang 1,2 km hingga Pasar Colombo. Namun berkat adanya underpass, kini tidak sampai 300 meter.
Begitu pula Jalan Padjajaran dari arah Barat (Monjali), kemacetan sepanjang 1 km hingga Al Azhar pun tidak pernah terjadi lagi.
Selain Underpass Kentungan Terdapat 2 Underpass Lain di Jogja

Seperti sudah disebutkan di atas, terdapat 3 proyek underpass di Yogyakarta. Proyek pertama Underpass Jombor yang sudah selesai dibangun pada 20 Desember 2014 lalu, untuk memecah kemacetan di Jalan Magelang dan Ringroad Utara. Anda bisa mengakses underpass Jombor dari Barat ke Timur.
Proyek kedua merupakan Underpass YIA yang baru diresmikan 31 Januari 2020. Dibuat untuk mengakses kembali Jalan Nasional Pantai Selatan yang menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta, dikarenakan pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport memotong Jalan Pansela lama. Underpass YIA menjadi underpass terpanjang di Indonesia, yaitu sepanjang 1,4 kilometer.
Sementara proyek ketiga Underpass Kentungan Jalan Kaliurang ini yang baru selesai pada 14 Februari 2020.